100 Bible Verses Everyone Should Know by Heart

100 Bible Verses Everyone Should Know by Heart

B. Arab 18. Tolong menolong dalam kebaikan dan taqwa merupakan salah satu perintah Allah dalam surah Al-Maidah ayat 2, tolong menolong merupakan salah satu perbuatan yang sesuai dengan budaya bangsa karena tolong menolong merupakan cerminan dari sikap...... a. Gotong royong b. Rukun c. Permusuhan d. Individual​

18. Tolong menolong dalam kebaikan dan taqwa merupakan salah satu perintah Allah dalam surah Al-Maidah ayat 2, tolong menolong merupakan salah satu perbuatan yang sesuai dengan budaya bangsa karena tolong menolong merupakan cerminan dari sikap...... a. Gotong royong b. Rukun c. Permusuhan d. Individual​

Jawaban:

b

Penjelasan:

karena sikap tolong menolong adalah sikap rukun

Jawaban:

A. Gotong royong

Penjelasan:

1. DilarangMembenci

Benci merupakan sikap tidak menyukai orang lain karena perasaan tertentu. Hal ini dapat membuat kita melakukan hal yang dilarang oleh Allah karena didasarkan rasa benci.

Di dalam ayat dikatakan bahwa janganlah menolong karena rasa benci terhadap suatu kaum yang telah menghambat kamu mengunjungi Masjidil Haram, lalu kamu menganiaya mereka.

Kita dilarang membenci karena dorongan dendam. Hendaknya kita memaafkan kejahatan mereka dan membalas dengan perbuatan baik.

2. Gotong Royong

Inti dari surah Al-Maidah adalah menyarankan bahwa hidup tolong-menolong dan membantu dalam kebaikan.

Gotong royong (tolong-menolong) bermakna ganda yaitu kebaikan dan keburukan. Islam mengajarkan tolong-menolong dalam kebaikan dan melarang tolong menolong dalam perbuatan buruk.

Apabila seseorang berbuat kebaikan dan takwa kepada Allah SWT, kita harus mendukung.

Dari segi pendidikan, ini merupakan sugesti dan dorongan semangat untuk berbakti kepada Allah SWT dan berguna untuk masyarakat serta dirinya.

[answer.2.content]